Gampang Susahnya Belajar Bahasa Jepang

Setelah sekian lama tidak posting apapun, sekarang saya kembali untuk berbagi informasi menarik.
Postingan kali ini adalah "Gampang Susahnya Belajar Bahasa Jepang"
Kenapa harus bahasa Jepang? (Lagi-lagi pertanyaan ini. -_-)
Karena saya (khususnya) sangat suka dengan negara Jepang.
Mulai dari Musim, Budaya, Keramahan penduduk, juga kemajuan teknologi yang begitu baik.
Nah daripada para pembaca sekalian penasaran, silahkan simak artikel yang saya buat dengan banting tulang (bukan banting laptop) ini. :D





        Mungkin pertanyaan inilah yang pertama kali muncul di dalam benak teman-teman ketika pertama kali akan mempelajari bahasa Jepang. Akan tetapi kalau menurut saya bahasa jepang itu gampang-gampang susah, tergantung dari diri teman masing-masing. Jika kita mempelajari bahasa jepang dengan senang hati maka, insya Allah nanti belajar bahasa jepangnya juga akan menyenangkan dan mengasyikkan.
        Sedikit gambaran mengenai perbandingan antara bahasa jepang dengan bahasa asing lainnya
khususnya bahasa inggris.

• Dari segi lafal bahasa
        Dari segi pelafalan bahasa jepang jauh lebih mudah dibandingkan dengan bahasa inggris. Bahasa jepang hanya mempunyai 5 vokal yang pengucapannya hamper sama dengan bahasa Indonesia, artinya apa yang ditulis sama dengan apa yang dibaca (kecuali untuk beberapa huruf)

• Dari segi tata bahasa
        Bahasa jepang hanya mempunyai dua tenses, yaitu bentuk present (termasuk future) dan bentuk lampau, sedangkan bahasa inggris mempunyai banyak sekali tenses.
Kata dalam bahasa jepang tidak mengenal konsep single dan plural, berbeda dengan bahasa inggris yang menerapkan konsep tersebut.
Dalam bahasa jepang ada yang dinamakan bentuk konjugasi, memang bentuk ini agak sulit, akan tetapi, apabila anda sudah tahu aturan perubahannya maka, akan menjadi lebih mudah, bahkan lebih mudah daripada bahasa inggris.

• Huruf jepang
        Mungkin sebagian besar teman-teman merasa bahwa bagian ini adalah bagian yang paling sulit dalam mempelajari bahasa jepang, Apalagi dengan yang namanya KANJI (bukan jenis tepung). Bahasa jepang mempunyai 3 jenis tulisan yaitu: Hiragana, Katakana, dan Kanji. Untuk tulisan hiragana dan katakana mungkin tidak terlalu sulit untuk dipelajari, namun untuk tulisan kanji akan sedikit melelahkan, bayangkan saja untuk dapat membaca Koran jepang dengan lancar maka kita harus menghafal kanji sedikitnya sebanyak 2.500 kanji. 
Nah sekarang teman-teman sudah hafal berapa kanji? :D
Saya sendiri bersyukur telah lulus ujian JLPT N2

• Kosakata
        Berdasarkan survey dari National Institute for Japanese Language, majalah bahasa jepang menggunakan sekitar 30.000 kata, namun 90% dari kata tersebut dibentuk dari 10.000 kata. Jadi untuk dapat menguasai bahasa jepang yang perlu anda ketahui ada sekitar 10.000 kata untuk tingkat mahir.
        Akan tetapi teman-teman tidak usah terlalu khawatir, asalkan teman-teman bersungguh-sungguh untuk belajar bahasa jepang, maka insya Allah teman-teman akan bisa menguasai bahasa jepang. Amin……. Seperti kata pepatah “KESUKSESAN ADALAH BUAH DARI KERJA KERAS,KERJA CERDAS, DAN KERJA IKHLAS“ 

0 Comments