Tarian Yosakoi

    Hai para pembaca http://infofrom-risang.blogspot.com/ sudah  tahun gak posting blog ini lagi karena sibuk dengan dunia perkuliahan, tapi sekarang mumpung sempat maka saya akan posting sebuah artikel mengenai "Yosakoi"

Apa sih Yosakoi itu?

Silahkan dibaca infonya ya :D

    Yosakoi adalah tarian yang berasal dari negeri Sakura. Tarian ini tercipta pada masa pemerintahan Yamauchi Katsutoyo (1596-1615). Kata Yosakoi mempunyai arti ‘datanglah kau malam ini’. Sedangkan kisah lain menceritakan bahwa kata Yosakoi berasal dari seruan para pekerja bangunan ketika membangun Istana Kōchi di masa pemerintahan Yamauchi Katsutoyo (1596-1615). Para pekerja bangunan menyerukan ‘yoisho koi, yoisho koi’, agar tetap selalu bersemangat ketika bekerja mengangkati bahan bangunan.


    Seringkali kita menjumpai tarian ini pada pembukaan sebuah Festival Jepang yang diadakan oleh Universitas-universitas maupun festival kenudayaan Jepang. Di Jepang sendiri festival ini diadakan pada saat musim panas di Jepang. Inilah kenapa setiap penari Yosakoi selalu menggunakan Yukata. Di Jepang, festival ini diadakan sebagai penghilang jenuh kala musim panas.


    Yosakoi kini mulai marak digandrungi oleh anak muda Indonesia. Mulai dari tingkat SMA hingga Mahasiswa. Bahkan, murid SMP sampai SD pun ada yang menari yosakoi. Di Surabaya sendiri festival ini selalu diadakan setiap tahun dan kebanyakan dari para pesertanya adalah remaja yang masih duduk di strata SMP, SMA, dan Mahasiswa.

    Yosakoi bisa dilakukan oleh sebuah kelompok, laki-laki dan perempuan dari segala umur dengan memakai kostum yang dipilih sesuai dengan selera masing-masing kelompok tari. Sambil membawa dan membunyikan alat perkusi dari kayu yang biasa disebut Naruko.

    Naruko, awalnya adalah alat yang digunakan untuk mengusir burung-burung di sawah, namun berkembang menjadi alat pelengkap tari Yosakoi. Dengan diiringi musik dinamis dari melodi ‘Yosakoi Naruko Odori’.

    Penari menggunakan Yukata baju tradisional jepang dan tiap perserta harus tampil dengan Yukata semenarik mungkin. Sejarah festival Yosakoi pertama kali diadakan pada 10 Agustus-11 Agustus 1954 di kota Kochi. Peserta festival waktu itu berjumlah 750 penari yang tergabung dalam 21 kelompok. Sebelumnya, tari Yosakoi pertama kali dipentaskan di muka umum pada Maret 1950 sebagai tari kreasi baru pada Pameran Dagang dan Industri Prefektur Kochi, sebagaisuatu sarana dalam mengembalikan aktivitas perdagangan di Kōchi setelah mengalami keterpurukan akibat Perang Dunia ke-2. Pada penyelenggaraan ke-30 tahun 1984, penari yang ikut serta sudah mencapai 10.000 orang.
            
Yosakoi matsuri , yang merupakan salah satu festival yang diadakan pada saat musim panas ini mengalami perkembangan mulai sejak pertama kalinya diselenggarakan pada tahun 1954 hingga saat ini. Perkembangannya yang dilaluinya hingga saat ini membuat yosakoi matsuri yang pada awalnya hanya diikuti oleh partisipan dari kota Kōchi saja hingga menarik pengunjung maupun berbagai tim yang menggemari yosakoi naruko odori, yang merupakan unsur utama dalam yosakoi matsuri yang berbentuk tarian, dari berbagai daerah lain di Jepang.
            
    Dalam penelitian berjudul The Evolutionism of ‘Yosakoi Naruko Dance’yang dilakukan oleh Iwai Masahiro, dijelaskan bahwa yosakoi naruko odori adalah odori atau tarian yang terus berkembang atau berevolusi. Hal tersebut disebabkan oleh adanya inovasi-inovasi yang terjadi di dalam yosakoi naruko odori yang menyebabkan perkembangannya, seperti masuknya aliran musik seperti samba, rock, reggae, dan lain-lainnya ke dalam musik tradisional yang digunakan. Kemudian berkembangnya penggunaan kostum yang tadinya hanya sekedar menggunakanhappi menjadi kostum orisinal dengan paduan berbagai macam gaya dan tren. Perkembangan yang terjadi di dalam yosakoi naruko odori secara tidak langsung mengubah bentuk pelaksanaan yosakoi matsuri yang awalnya hanya dilaksanakan dengan partisipan dari kota Kochi saja menjadi yosakoi matsuri yang dapat diikuti oleh partisipan dari berbagai daerah di Jepang.
            
    Selain di Kota Kochi, ada juga beberapa Festival Yosakoi yang diadakan di Kota-kota lain di Jepang, berikut daftar festival beserta kota dan bulan pelaksaannya :
·         Festival Yosakoi Sōran, Sapporo (pertengahan Juni)
·         Festival Yosakoi Michinoku, Sendai (awal Oktober)
·         Utsukushima Yosakoi Matsuri, Prefektur Fukushima (pertengahan September)
·         Kiryū Yagibushi Matsuri, Kiryū (awal Agustus)
·         Harajuku Omotesandō Genki Matsuri Super Yosakoi, Shibuya, Tokyo (akhir Agustus)
·         Sakado Yosakoi, Sakado, Prefektur Saitama (akhir Agustus)
·         Yosakoi in Oidensai, Toyokawa, Prefektur Aichi (akhir Mei)
·         Noto Yosakoi Matsuri, Nanao, Prefektur Ishikawa (awal Juni)
·         Nippon Domannaka Matsuri, Nagoya (akhir Agustus)
·         Shizuoka Odakkui Matsuri, Shizuoka (akhir September)
·         Yosakoi Tōkaidō, Numazu, Prefektur Shizuoka (awal November)
·         Nagahama Azai Appare Matsuri, Nagahama, Prefektur Shiga (akhir Agustus)
·         Festival Yosakoi Odorunya Kishū, Wakayama (pertengahan Agustus)
·         Festival Yosakoi Sasebo, Sasebo (akhir Oktober)

    Nah Yosakoi sendiri juga berkembang pesat di Indonesia. Di Indonesia sendiri tepatnya di kota Surabaya dijadikan kiblat seni tari Yosakoi dari Jepang. Tarian ini menjadi populer di Surabaya sejak pemkot Surabaya dan Pemkot Kochi, Jepang menjalin hubungan kerjasama Sister City pada tahun 2002. Mulai sejak itu, tarian Yosakoi menjadi agenda wajib Festival Lintas Budaya yang digelar tiap tahun di Surabaya. Mami Kato seorang warga negara Jepang yang sudah 23 tahun menetap di Yogyakarta mengatakan di Surabaya, tari Yosakoi sangat berkembang. Itu terlihat dari makin apiknya performa tim tari Yosakoi dalam festival Yosakoi tiap tahunnya di Surabaya. Tidak hanya tim-tim dari Surabaya dan sekitarnya, tim dari luar kota bahkan dari Jepang sendiri juga terlibat dalam festival ini. Festival ini digelar dengan nuansa Jepang dan Suroboyoan. 


FOTO YOSAKOI





FOTO NARUKO



http://www.sastrauntag.com/kabar/yosakoi-datanglah-kau-malam-ini
http://id.wikipedia.org/wiki/Festival_Yosakoi
http://ohayou48.blogspot.com/2013/01/tarian-yosakoi.html?m=1
http://medanyosakoi.weebly.com/profile.html
http://lollybali.mywapblog.com/cara-membuat-rumusan-masalah-yang-baik-d.xhtml


0 Comments